Cara Saya Menambah Likers FanPage hingga Ratusan Ribu

Pentingnya Menambah Likers FanPage

Setelah saya membeberkan bagaimana caranya mendapatkan 1000 database email di tulisan sebelumnya, kali ini saya ingin sharing pengalaman saya menambah likers FanPage Facebook hingga ratusan ribu fans.

Sampai saat ini, ada 12 FanPage yang saya tangani, FanPage pribadi dan beberapa FanPage milik lembaga dan perusahaan kenamaan di Indonesia.

Sebelum saya bocorkan caranya, sebagian Anda pasti bertanya “kenapa kita harus punya fans/likers yang banyak?”. Di dalam digital marketing, ini biasanya disebut tahap membuat kolam. Kita tidak mungkin memancing di kolam yang tidak ada ikannya, mau ditunggu sampai kapanpun tentu tidak akan membuahkan hasil. Maka dari itu, buatlah kolam, kemudian berikan umpan agar banyak ikan yang mau masuk ke kolam kita, dan jangan lupa KASIH MAKAN.

Kalau masih bingung dengan analogi diatas, mari kita uraikan. Kolam tadi adalah analogi dari sebuah FanPage Facebook, memancing adalah analogi dari selling/jualan, dan ikan adalah calon customer yang kali ini adalah fans atau likers FanPage kita. Anda tidak bisa memancing di kolam yang tidak ada ikannya, Anda tidak bisa berjualan ke tempat yang tidak ada orangnya, maka dari itu buatlah kolam tempat ikan mau berkumpul, buatlah FanPage dimana orang-orang bisa berkumpul untuk Anda. Bagaimana caranya agar mereka mau datang kepada kita, berilah umpan, nah umpan ini adalah konten yang kita boost dengan Facebook Ads.

Tapi ingat! Jangan langsung dipancing, kita harus beri makan terlebih dahulu. Jangan langsung diberi penawaran, karena itu akan sangat mengganggu, berilah makanan berupa konten-konten bermanfaat yang sekiranya mereka sukai. Mungkin sekitar 8 : 2 lah, dari 10 postingan berarti 8 konten bermanfaat, 2 konten selling. Kalau fans sudah terkumpul banyak, ketika kita beri penawaran dengan cara santun, kira-kira bagaimana hasilnya? Insya Allah potensi closing-nya lebih besar.

Semoga sampai sini Anda mengerti kenapa jumlah likers/fans itu penting untuk penjualan di online khususnya Facebook. Selanjutnya saya akan sharing kepada Anda cara saya menambah likers hingga ratusan ribu. Ini dia cara yang saya lakukan.

Cara Menambah Likers FanPage

1. Buat FanPage

Ini adalah langkah awal, buatlah sebuah FanPage yang nantinya akan Anda gunakan untuk jualan. Namanya bisa menggunakan nama brand Anda atau toko online yang Anda miliki. Caranya silahkan Googling karena banyak sekali tutorial tentang ini, dan SANGAT MUDAH.

Setelah FanPage dibuat, lengkapilah semua komponennya, seperti profile picture, cover page, about dll. Usahakan FanPage terlihat seprofesional mungkin, sehingga orang tidak ragu untuk like FanPage Anda karena dia percaya.

2. Buat Konten Stimulus

Setelah kolamnya sudah siap, maka siapkanlah umpan. Disinilah peran kreatifitas dan skill Facebook Ads. Buat sebuah alasan kenapa orang-orang harus like FanPage Anda, kalau mereka sudah like, terus apa benefitnya untuk mereka.

Selain kreatifitas dan skill FB Ads, copywriting juga sangat berperan. Karena kita harus membuat headline mematikan agar orang mau like FanPage kita. Ini contoh headline yang bisa Anda gunakan :

  • Mau tau caranya membuat toko online dengan mudah? klik tombol LIKE.
  • Rahasia mendapatkan omzet milyaran via WhatsApp! klik LIKE sekarang.

Headline diatas sudah pernah saya gunakan dan berhasil. Jangan lupa sertakan gambar yang mendukung ya. Misalkan, gambar orang sedang bersantai dengan kipas yang terbuat dari uang. Ini hanya contoh silahkan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

3. Boost dengan Facebook Ads

Kolam sudah ada, umpan sudah kita siapkan, saatnya lempar umpan ini ke laut dan giring ikannya ke kolam Anda. FanPage sudah dibuat, konten stimulus sudah ada, saatnya menggunakan Facebook Ads untuk menjangkau orang-orang di Facebook sesuai target yang kita inginkan.

Untuk hal ini, biasanya saya pakai jenis iklan PROMOTE PAGE, jenis iklan ini cocok sekali untuk Anda yang ingin menambah likers/fans, karena dalam tayangan iklannya sudah tersedia tombol LIKE, jadi orang-orang tidak perlu klik fanpage Anda terlebih dahulu, tinggal klik tombol like pada iklan, otomatis dia telah menjadi fans Anda.

Facebook Ads sangat kompleks, dan tidak mungkin saya jelaskan disini. Tapi, bagi Anda yang tidak ingin repot-repot, bisa menggunakan Jasa Social Media Marketing Jakarta untuk memudahkan proses ini. Banyak sekali jasa yang siap membantu Anda, salah satunya seperti ABAH Digital Marketing Specialist.

Inilah Hasilnya

cara menambah likers fanpage

Gambar diatas adalah screenshoot insight salah satu FanPage yang saya tangani, pada bulan Juli 2016 jumlah likers-nya masih 20,122 orang, sekarang bulan Februari 2017 likers-nya 175,230 orang. Kira-kira berapa ya jumlah likers-nya diakhir tahun nanti, Anda sudah bisa menebak.

Setelah itu, apa manfaatnya? saya berikan satu screenshoot lagi. Screenshoot ini menampilkan bagaimana satu postingan saya bisa mendapat like dan SHARE hingga ribuan. Bayangkan saat saya posting promo produk, customer service pasti kerepotan merespon para pembeli.

cara menambah likers fanpage

Ini pengalaman saya dalam menambah likers fanpage, semoga bermanfaat untuk kita semua. Setelah kita punya kolam dengan ikan yang banyak, silahkan mau mancing kapanpun sesuai keinginan Anda.

 

1 Comment

  • Amir Mahmud February 19, 2017 at 7:29 am

    Kalau saya paling lewat socmed seperti facebook dengan fanspagenya, kemudian lewat artikel di blog juga saya bisa karena itu paling mudah

    Reply

Leave a Comment