Cara Mendapatkan 1000 Database Email dalam Sebulan

Cara Mendapatkan 1000 Database Email

Harta paling berharga dalam dunia digital marketing adalah database, tak heran banyak training dan online course yang mengupas habis bagaimana cara mendapatkan 1000 database email pertama dalam bisnis mereka. Karena dalam bisnis online, banyak cara yang bisa kita gunakan untuk menggandakan omzet hingga berkali-kali lipat, salah satunya dengan menggunakan Email Marketing.

Ada seorang teman yang bertanya kepada saya, “Jar, kenapa harus email?”, faktanya, pengguna email dan pengguna Facebook itu 10 : 1, jika ada 10 orang yang memiliki email, kemungkinan hanya 1 orang yang mempunyai akun Facebook. Data ini saya dapatkan dari seorang Founder Email Marketing di Indonesia, ternyata email masih tetap punya ruang sendiri di hati para penggunanya.

Dari penjelasan diatas kita tahu bahwa ternyata orang-orang sudah terkoneksi menggunakan email. Coba perhatikan, mau belanja online harus pakai email, login media sosial harus pakai email, kirim-kirim file pakai email, kerja setiap hari hampir selalu buka email, email sudah ada sejak dulu sebelum media sosial lahir.

Bayangkan jika Anda adalah seorang pebisnis online yang mempunya ribuan email, Anda bebas menawarkan produk apapun dan kapanpun ke ribuan database yang Anda miliki, apa yang akan terjadi? Ya, potensi closing-nya akan lebih besar. Sudah saya katakan di awal paragraf bahwa database adalah harta dalam dunia digital marketing.

Antara Facebook dan Database

Tahun berapa Anda daftar ke Facebook? Saya termasuk yang awal-awal daftar saat Facebook muncul ke permukaan, mungkin Anda juga. Seingat saya, dulu Facebook hanyalah situs jejaring sosial biasa, tapi coba perhatikan Facebook sekarang, dia sudah menjadi perusahaan raksasa dengan pengguna hampir di seluruh dunia.

Makin hari Facebook terus berkembang, sampai muncullah fitur Facebook Ads beberapa tahun lalu. Fitur yang memungkin kita memasarkan produk sesuai target yang kita inginkan. Hal ini muncul karena Facebook telah mempunyai harta paling berharga, yaitu database. Jutaan atau mungkin milyaran orang telah mendaftar ke Facebook, daftarnya pakai apa? Tentu pakai email.

Artinya, Facebook punya jutaan email yang bisa dia gunakan kapanpun. Kita juga bisa menggunakan database yang dimiliki oleh Facebook untuk keperluan pemasaran produk kita, dengan syarat kita harus membayar sekian rupiah untuk bisa menjalankan iklan di Facebook Ads.

Kalau Facebook bisa ngomong, mungkin ini yang akan dia katakan : “Anda punya produk apa? Biarkan saya yang menawarkannya ke orang-orang, saya punya database jutaan orang seluruh dunia yang kemungkinan suka dengan produk Anda, mau usia berapa? Daerah mana? biarkan kami yang mencarikannya untuk Anda, dengan biaya sekian rupiah”. Inilah salah satu sumber penghasilan Facebook.

Semoga sampai sini Anda sudah mengerti betapa pentingnya sebuah database, terutama email.

Pengalaman Mendapatkan 1000 Email dalam Sebulan

Saya sadar bahwa database itu penting, database itu aset berharga dalam digital marketing. Maka dari itu saya memutar otak bagaimana caranya agar saya bisa mempunyai banyak database untuk saya gunakan sesuai kebutuhan. Alhamdulillah saya bisa mendapatkan 1000 email dalam satu bulan, dan sebentar lagi saya akan sharing pengalaman saya kepada Anda.

Dalam proses grab database tersebut, ada dua cara yang saya gunakan, cara berbayar dan tidak berbayar. Lebih cepat yang mana? Dua-duanya powerfull jika kita mengemasnya dengan baik.

Pertama, saya sediakan dulu tempat untuk menampung email-email yang nantinya akan menjadi database saya, cara menampungnya dengan memasukkan semua email tersebut ke dalam mesin Email Marketing secara otomatis, ada banyak sekali engine Email Marketing yang Anda bisa gunakan, lebih lengkap bisa cari infonya di Google.

Saya mulai menggunakan engine Email Marketing pada tanggal 15 Januari 2017 lalu, kemudian saya menggunakan cara ini untuk grab database :

1. Blogpost

Karena saya punya blog, maka saya manfaatkan media yang saya punya ini, mudah dan gratis. Saya mulai membuat tulisan-tulisan bermanfaat yang bisa meningkatkan trafik blog. Dalam proses membuat artikelnya pun ada beberapa teknik yang saya gunakan, teknik copywriting dan teknik SEO sederhana.

Copywriting saya gunakan untuk memilih headline yang clickable dan anatomi lainnya. SEO walaupun sederhana saya maksimalkan agar artikel yang saya buat bisa muncul di halaman pertama Google. Tidak hanya itu, saya juga men-submit tulisan-tulisan itu ke situs bookmark salah satunya Viva Log. Dengan kedua teknik tersebut, 4 tulisan saya lolos dan di-boost oleh Viva, kalau sudah di-boost oleh Viva, jangan tanya trafik, satu tulisan saya bisa mendatangkan trafik hingga 8000 views, berikut 4 tulisan yang saya maksud :

  1. 7 Trigger Copywriting Supaya Orang Mau Beli Produk Anda
  2. Rahasia Agar Status Facebook Muncul Terus di Timeline Orang Lain
  3. Manfaat Pinterest untuk Project Desain
  4. Baca Ini Sebelum Nonton Film Arrival

Bayangkan berapa banyak trafik yang saya dapatkan. Terus bagaimana caranya saya grab database dari ribuan trafik tersebut? Sebelumnya, saya sudah memasang widget di pojok kanan bawah, dengan memberikan E-Book gratis bagi visitor blog saya. E-Book ini bisa download dengan cara memasukkan email ke kolom yang telah tersedia, artinya kalau mereka menginginkan E-Book tersebut, mereka harus memasukkan email terlebih dahulu, dan email inilah yang menjadi database saya.

cara mendapatkan 1000 database email

Screenshoot widget yang saya gunakan untuk grab database (kanan bawah)

Dari ribuan orang yang berkunjung ke blog, apakah semuanya memasukkan email? Tentu tidak, karena tidak semua orang tertarik dengan E-Book yang saya bagikan, ini sekaligus menjadi filter, mereka yang memasukkan emailnya, berarti mereka yang memang tertarik dengan sesuatu yang akan saya tawarkan.

Untuk medatangkan trafik yang tinggi, tentu perlu artikel yang berkualitas, jika Anda tidak punya waktu untuk menulis, sekarang sudah banyak jasa penulis artikel yang bisa Anda manfaatkan. Jika Anda masih bingung, coba cek situs ABAH Digital Marketing Specialist.

2. Facebook Ads

Cara kedua yang saya gunakan untuk grab database adalah memanfaatkan Facebook Ads. Jenis iklan yang saya pakai adalah Click to Website (CTW) dan Lead Generation. Berikut penampakan iklan yang saya jalankan

cara mendapatkan 1000 database email

Screenshoot iklan Lead Generation yang saya jalankan

Dalam membuat sebuah campaign di FB Ads, itu tidak mudah. Ilmu copywriting lagi-lagi dibutuhkan pada tahap ini. Memilih diksi sehingga orang mau klik iklan kita dan rela memberikan emailnya kepada kita. Dengan bantuan Facebook Ads, iklan saya akan sampai pada orang-orang yang mempunyai ketertarikan dalam bidang bisnis online.

Dua cara itulah yang saya gunakan untuk proses List Building, dan bagaimana dengan hasilnya? Dalam kurun waktu waktu 23 hari, saya berhasil mengumpulkan 993 email.

cara mendapatkan 1000 database email

Screenshoot total Subscriber yang diambil pada tanggal 8 Februari 2017

Screenshoot diatas saya ambil pada tanggal 8 Februari 2017, dan saya publish tulisan ini pada tanggal 16 Februari 2017, sudah bisa dipastikan kini saya mempunyai lebih dari 1000 database email yang siap saya gunakan kapan pun.

Itulah pengalaman bagaimana cara mendapatkan 1000 database email dalam waktu sebulan bahkan kurang dari sebulan. Banyak jurus yang saya digunakan, copywriting, SEO, skill FB Ads dll. Terus kalau sudah punya banyak email, digunakan untuk apa? Kalau saya, saya gunakan untuk promo bisnis online yang sedang saya jalankan. Berikut efeknya…

Screenshoot data penjualan yang rata-rata bersumber dari Email Marketing

Ini adalah sedikit pengalaman saya dalam dunia digital marketing. Terima kasih telah membaca dan semoga tulisan cara mendapatkan 1000 database email ini bermanfat dan bisa memotivasi Anda.

1 Comment

  • Amir Mahmud February 20, 2017 at 3:55 am

    Kalau saya promosinya paling mudah pakai fanspage facebook. Saya pasang banner besar besar berukuran 13×5 cm di background halamanya. Jadi begitu ada orang yang melihatnya, maka yang pertama kali di lihat adalah banner yang berisi nomor kontak saya seperti WA dan BBM, dan ampuh juga karena dagangan saya laris berkat fanspage ini.

    Reply

Leave a Comment