Cara Membuat Kamera Lubang Jarum dengan Botol Bekas

Cara Membuat Kamera Lubang Jarum dengan Botol Bekas

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara membuat kamera lubang jarum (KLJ) yang sederhana, alat dan bahannya mulai dari barang-barang daur ulang yang ada disekitar kita hingga yang lebih dari itu.

Sebelum kepada langkah-langkah pembuatan, kamera yang akan kita buat kali ini merupakan kamera yang akan diisi oleh kertas foto ber-emulsi yang berfungsi layaknya sensor pada kamera digital, kertas ini juga yang akan merekam gambar didepannya melalui cahaya yang masuk pada lubang jarum (lensa).

Siapa yang pernah selfie menggunakan lensa fisheye? Atau memotret sesuatu menggunakan lensa fish eye? Tentu sudah banyak yang melakukan hal tersebut. Kali ini kita akan membuat KLJ yang mempunya lensa fisheye, sehingga gambar yang dihasilkan akan terlihat cembung. Tidak kalah bagusnya dengan lensa clip yang sering digunakan pada smartphone.




Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa diikuti oleh teman-teman :

Pertama, Sediakan botol air mineral berukuran 1,5 liter.

kamera lubang jarum

Kedua, potong bagian bawahnya seukuran kertas yang akan kita gunakan. Kertas yang akan kita gunakan adalah kertas foto ber-emulsi ukuran 14 x 9 cm. Potonglah melebihi ukuran kertas tersebut, sehingga ada jarak aman.

kamera lubang jarum

Ketiga, potong lagi bagian atas botol tadi untuk dijadikan sebagai tutup.

kamera lubang jarum

Keempat, coba masukkan kertas ukuran 14 x 9 cm tersebut kedalam botol dan tutup dengan tutup yang sudah kita buat, untuk mengecek pas atau tidak.

kamera lubang jarum

Kelima, warnai bagian dalam botol dengan cat warna hitam. Ingat harus warna hitam, dan pastikan seluruh sudut berwarna hitam pekat, pastikan tidak akan ada cahaya yang masuk kecuali melalui lubang jarum yang kita persiapkan.

kamera lubang jarum

kamera lubang jarum

kamera lubang jarum

Keenam, jemur dibawah matahari sampai cat mengering.

kamera lubang jarum

Ketujuh, setelahah semuanya kering, lubangilah bagian tengah botol dengan jarum. Ingat hanya jarum, tidak boleh menggunakan paku, karena akan terlalu besar jika menggunakan paku. Jika lubang yang kita buat terlalu besar, maka foto yang akan di hasilkan akan blur (tidak fokus). Usahakan membuat lubang yang pas ditengah-tengah kertas, tidak terlalu atas atau tidak terlalu bawah, supaya hasil foto pun akan pas.

kamera lubang jarum

Setelah dilubangi, silahkan tutup lubang tersebut dengan lakban hitam dan pastikan caha tidak masuk.

 

Semoga tulisan Cara Membuat Kamera Lubang Jarum dengan Botol Bekas bermanfaat. Jangan lupa share ke teman-temen yang lain.



8 Comments

  • ester 12/02/2016 at 13:56

    Kak kalau udah di kasih lubang, gimana cara ambil gambarnya terus cetaknya gimana ?

    Reply
    • Jarhie 12/02/2016 at 16:50

      saya belum sempet nulis cara motretnya, nanti bakal ditulis sama proses cetaknya juga 🙂

      Reply
  • zamzam 29/03/2016 at 12:35

    ka bahan bahan nyah aph ajah sih ?

    Reply
    • Jarhie 29/03/2016 at 13:56

      1. dark room
      2. kamera lubang jarum
      3. cairan buat nyucinya
      3. kertas foto/klise

      Reply
  • pojokinfounik.com 29/04/2016 at 01:26

    apa…….
    hanya dari botol bekas bisa buat jepret foto.
    biji mane ceritanya tuh om..
    lanjutin lagi dong artikelnya, penasaran ane

    Reply
    • Jarhie 29/04/2016 at 05:08

      Mau banget nulis lagi tentang ini, cuman skrg ga bisa karena bahan untuk nyuci fotonya sudah nggk ada yang jual, katanya mengandung bahan peledak, jadi toko-toko pada ga berani nyetok

      Reply
  • hamid 03/06/2016 at 13:52

    nama jenis kertas potony apa gan

    Reply
    • Jarhie 03/06/2016 at 18:01

      kertas foto yang biasa saya pake itu merknya MERIT RC

      Reply

Leave a Comment