Cara Ampuh Menggunakan Aplikasi LINE untuk Bisnis

Menggunakan Aplikasi LINE untuk Bisnis

Bagaimana menggunakan aplikasi LINE untuk kegiatan promosi bisnis? Ini yang akan kita bahas sebentar lagi, tapi sebelum itu, seperti yang saya tulis di tulisan sebelumnya, bisnis kini mulai bergeser ke arah online-isasi dan digitalisasi, belanja barang, pesen makan, bayar pulsa, beli kuota, sampai setor listrik dan PDAM semuanya sudah bisa dilakukan via online, dan hanya pakai smartphone.

Sebelum bisnis merambah ke dunia online, media social dan aplikasi pengirim pesan seperti BBM lebih dulu mengambil hati kita semua. Beberapa tahun lalu, saat handphone Blackberry pertama kali diperkenalkan di muka masyarakat dunia, orang-orang berbondong-bondong beli bahkan rela buat ngantre. Paling murah adalah Blackberry Gemini, masih ingat?

Uniknya lagi, saking primadonanya Blackberry, ada sebuah kejadian yang saya alami, ini kejadian nyata, salah seorang teman saya sampai sengaja beli gantungan name card terus diujungnya digantung handphone Blackberry dan dipakai seperti kalung, dulu sih keren, tapi kalau diingat-ingat di era sekarang, seperti itu bisa dibilang norak sih.

Orang-orang –termasuk saya, hampir tiap menit ganti status di BBM, padahal tidak ada penting-pentingnya, tapii itulah masa dunia bisnis online mulai meraja lela sampai tak terkendali. Perlahan namun pasti, banyak bermunculan orang-orang yang berjualan di BBM, dengan broadcast message yang membosankan itu, padahal saya juga dulu gitu. Hihihi

Setelah Blackberry Messanger hadir di handphone Android, peminat handphone Blackberry pun berkurang drastis, kalau dulu BBM itu eksklusif hanya bisa kita dapatkan di handphone Blackberry, kini sudah bisa kita install di hape android, coba lihat teman tongkrongan Anda, masih ada yang pakai hape BB? Mungkin sudah jarang bahkan sudah tidak ada kayaknya.

Bisnis online terus menjamur hingga saat ini, seiring perkembangannya, aplikasi messanger pun terus berkembang, setelah WhatsApp naik ke permukaan, kini giliran aplikasi LINE yang menjadi idola di tengah-tengan pengguna internet usia muda. Sadar dengan kedua hal tersebut, bisnis dan online, LINE mengeluarkan aplikasi khusus untuk bisnis yang bernama LINE@ (Line at).

Kenapa Harus Menggunakan Aplikasi LINE At?

Aplikasi LINE yang sama maksud pada tulisan ini adalah aplikasi LINE@ ya, karena LINE biasa itu dikhususkan untuk kegiatan personal chat, fiturnya pun terbatas, berbeda dengan LINE@ yang mempunyai segudang fitur dan tidak dimiliki oleh aplikasi media sosial lainnya.

Berikut alasan kenapa LINE@ sanagat direkomendasikan bagi Anda yang sedang berbisnis, untuk meningkatkan penjualan khususnya segmentasi anak muda, mari kita bandingkan kemampuan LINE@ dan media sosial lain yang sering kita gunakan, lihatlah tabel berikut ini

menggunakan aplikasi line untuk bisnis

Beberapa perbandingan LINE@ dan media sosial lainnya yang biasa digunakan untuk bisnis/jualan

Masih banyak fitur lainnya seperti Auto Scheduling, Auto Reply, Filter Comment dan masih banyak lagi. LINE@ ini punya fungsi sebagai media sosial dan messanger, komplit banget pokoknya.

Untuk bisa menggunakan semua fitur LINE@, Anda hanya perlu men-download aplikasinya di Play Store atau App Store dan gratis. Anda bisa login menggunakan akun Line yang sudah Anda punya. Ketika Anda membuat akun LINE@, Anda akan mendapatkan Line ID yang secara otomatis, contohnya @vtx83749, jadi kalau ada seseorang mau add LINE@ Anda, dia harus mengetikkan ID yang tak beraturan itu.

Purchase LINE@ ID Premium

LINE ID yang Anda dapatkan secara otomatis saat membuat akun LINE@ itu pasti berantakan tak beraturan, namun bisa kita ubah menggunakan ID sesuai brand atau nama toko online kita, seperti yang saya lakukan, saya mengganti LINE ID yang berantakan itu menjadi nama brand bisnis saya, namun untuk bisa melakukan hal ini, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 149.000 per tahun dan dibayar menggunakan kartu kredit.

Untuk cara purchase ID Premium, silahkan Anda googling tutorialnya, karena di tulisan kali ini saya akan banyak membahas tentang penggunaan LINE@ untuk meningkatkan omzet dan mengambangkan bisnis.

Siapa Saja yang Menggunakan Aplikasi LINE?

Jangan salah, pengguna LINE di Indonesia merupakan pengguna LINE terbanyak keempat di dunia, dan pertama di Asia, banyak kan? Dan rata-rata usia mereka adalah usia muda. Beberapa tahun lagi mungkin akan menyusul jumlah pengguna Facebook. Menurut saya ada beberapa alasan kenapa LINE banyak disukai, salah satunya dengan adanya sticker yang lucu-lucu dan unik dan bisa mewakili apa yang dirasakan penggunanya.

Mari kita lihat kutipan berita dibawah ini

menggunakan aplikasi line untuk bisnis a

Sumber : tekno.kompas.com

Semakin kesini orang-orang makin suka cari sesuatu itu yang “GUE BANGET“, beli barang yang menurutnya bisa mewakili kepribadian, share sebuah status yang saat itu cocok dengan kondisi dia, dan masih banyak lagi. Sepertinya LINE sudah berhasil menempatkan posisinya disitu, banyak anak muda yang secara tidak langsung bilang “Ini aplikasi yang gue banget

Jadi, untuk para pebisnis, nampaknya LINE cocok sekali menjadi media peningkat omzet dan penguat branding khususnya untuk masuk di zona millenials.

Memanfaatkan Aplikasi LINE dalam Bisnis

Mari kita masuk ke cara bagaimana menggunakan aplikasi LINE dalam bisnis kita. Perlu diingat bahwa semakin banyak teman yang kita punya, maka kemungkin barang dagangan kita laku akan semakin besar, begitu pun di LINE@, langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah

1. Perbanyak teman/followers LINE

Di LINE@ menggunakan istilah followers, tugas pertama Anda adalah bagaimana orang-orang mau add akun LINE@ Anda, caranya banyak, bisa pakai Facebook Ads, posting di media sosial, atau broadcast via WA dan BBM. Untuk sharing LINE ID, Anda bisa menggunakan beberapa cara yang bisa ada pilih di menu Gain Friend, diantaranya

  • Share QR CODE

menggunakan aplikasi line untuk bisnis c

  • Share URL

menggunakan aplikasi line untuk bisnis d

2. Broadcast Message

Setelah followers sudah mulai bertambah, coba lakukan broadcast yang berisi promo menarik untuk seluruh followers Anda di LINE@, fitur ini bisa di scheduling juga, jadi Anda bisa atur jam berapa broadcast ini mau dikirim, misalkan Anda set saat jam makan siang sekitar pukul 12.30, maka secara otomatis LINE@ akan mengirimkan pesan ke seluruh followers Anda pada jam yang telah ditentukan.

Saran saya, jangan terlalu sering broadcast karena akan menganggu kenyamanan followers Anda, alih-alih omzet yang kita dapat malah nanti akun kita diblok, kan rugi ya.

Baca juga : 7 Teknik Copywriting untuk Jualan Laris

3. Posting di Timeline

Layaknya Facebook, LINE@ mempunyai timeline yang harus kita isi. Isilah dengan hal-hal bermanfaat untuk followers Anda, sekali-kali selipkan promo di dalamnya, posting secara rutin di timeline itu lebih bagus, sehingga followers Anda merasa “diurus” oleh Anda.

4. Paid Promote

Satu lagi cara agar cepat meningkatkan jumlah followers dan memperbanyak kemungkinan closing (produk terjual) adalah dengan cara paid promote atau promosi berbayar. Anda bisa mencari akun LINE@ yang mempunyai followers ratusan ribu bahkan jutaan, chat admin-nya dan tanyakan kalau Anda mau promosi melalui broadcast ke seluruh followers akun tersebut membutuhkan biaya berapa, setiap akun akan mematok harga yang berbeda. Tapi kalau Anda berani, silahkan berinvestasi untuk bisnis Anda yang terus berkembang.

5. Service Excellent

Dalam pelaksanaannya, Anda harus mempunyai pelayanan yang baik pada setiap customer Anda, fast respon dan menggunakan bahasa yang baik sehingga tidak terkesan arogan dalam berjualan.

6. Gunakan Fitur Lainnya

Masih banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan saat menggunakan aplikasi LINE ini, berikut beberapa fitur yang nanti bisa Anda coba

  • Greeting Message : Pesan yang Anda sampaikan saat seseorang add line Anda, dan ini otomatis.
  • Auto Reply Message : Bagi Anda yang mempunyai jam operasional dalam bisnis Anda, bisa menggunakan fitur ini saat toko sudah tutup, sehingga jika ada seseorang yang chat ke Anda, bisa dibalas otomatis dengan balasan yang telah Anda atur, misalkan “Terima kasih telah menghubungi kami, kami akan balas chat ini besok ya, karena toko sudah tutup”
  • Keyword Message : Ketika customer mengetikan sebuah kata, misalkan bertanya harga, LINE@ bisa mengirimkan price list yang telah Anda setting sebelumnya secara otomatis.
  • Coupon : Digunakan biasanya jika ada promo-promo tertentu
  • Statistics : Ada bis mengetahui jumlah followers, berapa orang yang mengunjungi timeline Anda, dll.

7. Tambahkan Website untuk Meningkatkan Kepercayaan

Berdasarkan pengalaman, banyak customer yang menanyakan alamat website, namanya juga bisnis online, mereka takut terjadi penipuan dari penjual abal-abal, saran saya jika ada alokasi silahkan buat sebua website untuk menunjang bisnis Anda, meningkatkan rasa percaya customer terhadap apa yang Anda tawarkan, karena cara membuat website itu mudah. Terlebih zaman sekarang, jika tidak mau repot Anda bisa gunakan jasa pembuatan website bandung, jakarta dan kota lainnya.

Hal-hal diatas sudah saya lakukan dan alhamdulilla 80% closing dalam bisnis saya terjadi melalui aplikasi LINE ini. Semoga bermanfaat.

 

No Comments

Leave a Comment