Baca Ini Sebelum Nonton Film Arrival

Film Arrival yang Ditunggu-tunggu

Film Arrival yang udah lama ditunggu warga Indonesia, akhirnya beberapa hari lalu tayang serentak di bioskop-bioskop kesayangan, sebenernya film ini udah tayang di Amerika Serikat dari dua bulan lalu, cuma emang masuk Indonesianya agak telat, walaupun telat, tetep aja banyak ditungguin sama pecinta film sains fiksi, nggak heran karena emang trailernya udah beredar lama dan bikin penasaran banget.

Waktu hari pertama tayang di Indonesia, saya nonton dong, karena emang saya suka banget sama film sci-fi (sains fiksi). Di hari pertamanya, kursi bioskop nggak terisi penuh bahkan cenderung kosong, mungkin karena weekday kali ya, jadi orang-orang masih sibuk dengan rutinitas kerja.

Sekilas tentang Film Arrival

Jadi, film Arrival ini bercerita tentang 12 benda asing yang datang ke Bumi, bentuknya kaya lempengan warna hitam dan ngambang, nggak nyentuh permukaan bumi. Masyarakat bumi belum berani nyimpulin kalo itu adalah pesawat alien, karena benda asing ini emang nggak bergerak dan nggak ngelakuin kontak apapun sama masyarakat bumi.

film arrival

Pada jam-jam tertentu, ada bagian benda asing ini yang terbuka, para ilmuan, tentara dan lainnya bisa masuk ke benda asing ini, di dalamnya ada kayak ruangan gitu, ada lapisan kacanya, nah dibalik kaca itu biasanya makhluk asing menampakkan diri, bentuknya nggak kaya alien yang biasanya, makhluk ini punya 7 kaki bisa ngeluarin semacem ‘tinta’ buat komunikasi, mirip kaya gurita kali ya.

Karena tentara dan ilmuan bingung, akhirnya mereka nyari ahli bahasa buat nerjemahin bahasa para alien, tujuannya buat mengetahui apa tujuan mereka datang ke bumi.

Akhirnya ditunjuklah Dr. Louise Banks (Amy Adams) buat jadi translator, karena emang dia ahli bahasa yang pernah mecahin banyak masalah. Selain Louise, dipilih satu orang lagi, dia ahli fisika Ian Donnelly (Jeremy Renner) yang mungkin bisa bekerjasama dengan Louise dan pemerintah, tujuannya satu cuma pengen tau tujuan alien datang ke Bumi itu buat apa.

Waktu terus berjalan, akhirnya sedikit-sedikit Louise bisa komunikasi sama alien, dia mulai bisa nerjemahin bahasa-bahasa alien yang komunikasinya pake simbol-simbol aneh gitu. Kata demi kata bisa dipacahin, sampe akhirnya punya ratusan.

Karena pemerintah khawatir alien ini punya tujuan buruk, akhirnya pemerintah China memutuskan untuk menyerang pesawat ini, karena dari 12 yang turun ke Bumi, salah satunya ada di China. Nah kebingungan akan dimulai disini. Kalo nanti Anda nonton, disepanjang film itu ada potongan-potongan masa lalu Dr. Louise, dan sampe sekarang saya nggak ngerti itu maksudnya apa.

Selain bayangan-bayangan masa lalu, Louise juga ternyata bisa ngeliat masa depan, kalo buat saya, alurnya agak lumayan bikin pusing, kadang masa lalu, terus langsung masa depan terus balik lagi ke masa sekarang, gitu aja terus sampe akhir film. Dan sampe akhir kita nggak akan tau itu alien tujuannya apa datang ke Bumi. Datang, diem terus hilang.

Baca juga : 5 Hal Menarik dalam Film Batman v Superman

Kesimpulan

Tapi jangan khawatir, bisa jadi cuma saya aja yang bingung waktu nonton film ini, film ini tetap menegangkan ditambah akting Amy Adams dan pemeran lainnya yang emang bagus banget. Film sci-fi tanpa adegan penembakan, tapi lebih ke genre drama.

7 Comments

  • Kang Alee January 21, 2017 at 3:58 am

    Saya baca ini jadi ikutan bingung hehehe

    Reply
    • Jarhie January 21, 2017 at 12:36 pm

      Harus cobain nonton filmnya juga hahah

      Reply
  • Bimo dr fwd blog January 21, 2017 at 9:56 pm

    Jadi penasaran nih

    Reply
  • Nano January 24, 2017 at 2:07 am

    Cerita sebenarnya si alien itu nawarin teknologi canggih yg bisa memanipulasi waktu. Jadi yg diliat Louise itu adalah masa depannya; ia menikah dengan Ian, punya anak, trus pisah dgn suaminya sampai anaknya akhirnya meninggal karena kanker.

    Meski tau masa depannya seperti apa, mereka putuskan utk tetap bersama. Jadi semua yg diliat Louise adalah masa depan, kemampuan hasil pemberian alien.

    Kenapa alien itu ngasih teknologi? menurutnya, riabuan tahun nanti alien akan minta bantuan manusia utk menolong mereka.

    Reply
    • Jarhie January 24, 2017 at 2:48 am

      Waaaah baru ngerti nih saya hehe.. Makasih ya

      Reply
  • rani yulianty January 24, 2017 at 8:23 am

    baiklah, semoga saya nggak bingung kalau nanti nonton

    Reply
    • Jarhie January 24, 2017 at 11:19 am

      Aamiin hehehe

      Reply

Leave a Comment