Al Quran Hafalan Tikrar Memudahkan Kita Hafal Quran

Tentang Al Quran Hafalan Tikrar

Anda pernah mendengar Al Quran Hafalan Tikrar sebelumnya? Bagi yang belum familiar, Al Quran Tikrar adalah sebuah Mushaf Al Quran yang didesain khusus untuk memudahkan siapa saja dalam proses menghafal Quran. Kenapa bisa memudahkan dan apa bedanya dengan Quran yang lain? Pertanyaan tersebut akan coba saya jelaskan di paragraf-paragraf  selanjutnya.

Kalau ditanya bagaimana caranya agar mudah hafal Quran, setiap orang pasti punya jawaban masing-masing dan saya yakin setiap orang punya caranya masing-masing, sesuai pengalaman dan kemampuannya. Saat ini berkembang cara menghafal Quran dengan menggunakan bahasa isyarat, dan biasanya diterapkan kepada anak-anak, cara menghafal Quran ini sangat disukai karena banyak menggunakan gerakan, itu cenderung lebih mudah diingat oleh anak-anak.

Satu lagi, yang kini sedang berkembang adalah Menghafal Quran dengan metode Tikrar. Dalam bahasa arab, Tikrar berarti pengulangan atau mengulang-ulang, artinya metode Tikrar adalah cara mudah menghafal Quran dengan cara mengulang-ulang sebuah ayat.

Maka dari itu, hadirlah Al Quran Hafalan Tikrar, Al Quran dengan konten-konten yang disesuaikan untuk memudahkan proses menghafal Quran dengan cara pengulangan.

Lalu apa bedanya dengan Al Quran lain? Jawabannya, SAMA. Isi Al Quran-nya tetap sama, tidak ada jumlah yang yang ditambahkan atau dikurangi. Yang membuat Al Quran Hafalan Tikrar ini berbeda adalah karena di dalamnya terdapat kolom-kolom yang bisa kita gunakan untuk menandai setiap ayat yang kita baca.

Konten Al Quran Hafalan Tikrar

Berikut ini adalah penampakan halaman isi Quran Hafalan Tikrar

al quran hafalan tikrar syaamil quran

Keterangan :

  • Penanda Tilawah : Kolom-kolom ini bisa Anda isi ketika selesai membaca halaman tersebut, ini akan menjadi pengingat bagi kita, sudah berapa kali lembaran ini kita baca
  • Blok Warna Halaman : Setiap halaman dibagi menjadi 4 bagian untuk memudahkan dalam proses menghafal, jadi kita akan menghafal 1 bagian/blok warna, setelah itu blok warna berikutnya dan seterusnya.
  • Penanda Tikrar : Kolom ini berguna untuk menandai setiap ayat yang kita hafal.
  • Kunci-kunci Hafalan : Dalam setiap blok warna, kita akan diberi kunci hafalan berupa kata pertama pada ayat yang sedang kita hafal
  • Ayat-ayat Mirip : Dalam menghafal Quran pasti sering loncat dari ayat mana ke ayat mana, nah di Quran Tikrar ini kita diberi informasi tentang ayat yang mirip dengan halaman atau juz berikutnya sehingga meminimalisir loncatnya hafalan kita.

Metode Tikrar atau pengulangan ini sebetulnya sudah digunakan sejak lama oleh banyak santri-santri di Madinah, dan cara ini juga yang banyak digunakan oleh para huffaz (penghafal Quran) di seluruh dunia.

Spesifikasi Al Quran Tikrar

Al Quran Tikrar mempunyai 3 ukuran, jika Anda berminat, Anda bisa memilih Quran yang sesuai dengan kebutuhan Anda sehari.

al quran hafalan tikrar syaamil quran

Saya telah mencoba metode Tikrar ini, dan alhamdulillah berhasil, sedikit-sedikit hafalan saya mulai membaik dan lebih cepat dari sebelumnya, metode ini sangat cocok digunakan oleh berbagai kalangan usia loh. Saya beli Quran ini di Khadijah Store (khadijahstore.com)

Info tentang Al Quran Tikrar : 0896-5405-4966 (SMS/WhatsApp)

al quran hafalan tikrar syaamil quran

 

Baca juga : Cara Mudah Menghafal Quran

No Comments

Leave a Comment