4 Elemen Value dalam Bisnis yang Anda Harus Miliki

4 Elemen Value dalam Bisnis

Kali ini, saya ingin berbagi tentang 4 elemen value dalam bisnis yang harus Anda miliki. Bisnis hakikatnya adalah menjadi SOLUSI bagi permasalahan orang. Nah, dalam bisnis, solusi yang kita tawarkan adalah dalam bentuk produk atau jasa. Setiap produk yang kita tawarkan hendaknya mempunyai VALUE atau NILAI yang membuat produk kita menjadi pilihan customer.

Terus value apa saja yang harus dimiliki sebuah produk Mas Jarhie? Setidaknya ada 4 elemen value yang harus dimiliki dalam sebuah produk atau jasa, by the way, saya dapat ilmu ini dari mereka-mereka yang sudah malang melintang dalam dunia bisnis.

Mari kita bahas satu persatu…

1. NEED

Need, atau sesuatu yang dibutuhkan. Jika Anda menyediakan sesuatu yang dibutuhkan orang lain, maka orang akan siap membeli apa yang Anda tawarkan. Karena Anda memiliki sesuatu yang mereka butuhkan.

Contohnya gini, semua orang pasti membutuhkan beras, sayur dan kawan-kawan sejenisnya, maka akan sangat besar peluangnya jika Anda jual sembako. Karena itulah yang memang dibutuhkan untuk customer Anda.

Jangan jual barang yang tidak dibutuhkan oleh orang lain ya, itulah pentingnya riset pasar dan menentukan target customer. Mau nyasar usia berapa, kira-kira apa yang mereka butuhkan, maka kita sediakan yang sekiranya pasti mereka butuhkan

2. SOLUTION

Menghadirkan solusi untuk masalah-masalah orang lain. Misal, kita pasti sering merasa malas jika harus mencuci motor apalagi tidak punya waktu senggang karena kesibukan setiap hari, ditambah lagi musim hujan. Maka orang-orang jeli di luaran sana membuka bisnis cuci motor. Menghadirkan solusi bagi kita-kita yang tidak punya waktu atau malas mencuci motor.

3. BETTER

Better atau lebih baik. Kita perhatikan kasus bisnis cuci motor tadi, jika ternyata sudah banyak orang yang membuka bisnis ini, lalu kemana kira-kira customer menitipkan motornya untuk dicuci? tempat cuci motor A, B atau C? Pilihannya pasti yang terbaik dari semua itu.

Teorema lebih baik ini, bisa pada lebih baik harganya, lebih baik tempatnya, lebih baik kualitasnya, lebih baik pelayanannya, dll. tergantung di titik manakah perhatian market.

4. UNIQUE

Unik, ketika produk/jasa yang Anda tawarkan memang sama-sama dibutuhkan orang. Lalu hampir semua sama-sama baik, dan tidak ada jalan lain untuk membuatnya lebih baik, maka keunikanlah yang akan membuat Anda dipilih. Kita kembali lagi ke bisnis cuci motor tadi, antara tempat A, B dan C, semuanya baik semuanya oke, tapi tempat A mempunyai desain tempat yang unik yang diluar kebiasaan tempat cuci motor, kira-kira mana yang akan dipilih customer? Jawabannya Anda sudah tau ^_^

Mungkin hanya ini yang dapat saya sharing kepada Anda, semoga bermanfaat. Oh iya, jika Anda ingin atau sedang memulai berbisnis online, saya punya E-Book GRATIS tentang  5 Kunci Sukses Bisnis Online, siapa tau Anda butuh. Kalau mau, bisa DOWNLOAD DISINI (klik)

Jangan lupa share ke teman-teman ya.

 

 

No Comments

Leave a Comment